Girls Deals : Mengerti (sindrome bulanan) perempuan

Yak sesuai dengan janji gue, dan maaf jadi lama nulis sambungannya karena cukup sibuk. Ajaib banget tulisan gue, entah gue feeling atau apa, setelah gue menulis bagian pertama, paginya gue dapat hadiah. Bonus rasa malas, emosi meluap untuk beberapa hari ke depan. I must dealing with that.

Yups.. pagi itu gue di serang sakit kepala yang sangat amat menyiksa, padahal banyak kerjaan, apalagi kemaren, whooa banget deh, kesentil dikit udah kemana-mana dan langsung nyut-nyut-nyut. Apalagi harus berkompromi dengan jalanan Jakarta. Tapi ternyata pikiran, tubuh, dan hati memegang peranan penting untuk melawan semua itu.

Saat-saat PMS sebenarnya sangat baik untuk melatih mental, dan mengukur seberapa sabarnya kamu, tapi pernah juga nih gue denger. Setelah menikah tingkat emosi yang menyerang saat PMS pada wanita bakalan meningkat, apalagi jika sudah melahirkan. Waduh!!! Serem juga sih. Apa aja sih yang biasanya terjadi saat perempuan lagi terserang sindrome bulanan ini?

Ternyata PMS ada beberapa tipe, yang paling sering dijumpai yaitu PMS tipe A (A for Anxiety) biasanya cewek-cewek di serang rasa cemas, sensitif, saraf tegang, labil, galau dan kawan-kawannya. Yang ini penyebabnya hormon estrogen terlalu tinggi ketimbang hormon progesteronnya. Kata dokter perbanyak makan serat dan kurangi kopi. (Waduh!!! Gue tetep aja sehari segelas).

Terus tipe kedua, tipe H (H for Hyperhydration). Kata salah seorang sahabat gue kemaren yang gue ajak ngobrol seputar PMS, doi bilang “Iya nih kalau lagi mau dapat jadi bengkak kemana-mana.” Nah gejala pembengkakan ini disebut PMS tipe H. Kalau ini biasanya juga terjadi bersamaan dengan tipe lainnya. Kenapa bisa bengkak? Karena akibat berkumpulnya air pada jaringan di luar sel (ekstrasel) karena tingginya asupan garam atau gula. Kalau lo kena tipe ini, waktu menjelang haid perhatikan asupan garam, gula, dan air yang dikonsumsi.

Ada lagi nih tipe C (C for Craving) saat ini gue lagi kena tipe ini. Tipe ini bikin kita pengen konsumsi makanan yang manis-manis, yoi C for Chocolate. Hehehehe… eh tapi jangan tergoda kalau kena tipe ini, pikir panjang dan lawan. Karena efek kedepannya juga ngga bagus, bisa menyebabkan  hipoglikemia seperti kelelahan, jantung berdebar, pusing kepala yang kadang-kadang sampai pingsan. Tuh pasti ada diantara kita cewek-cewek kalau lagi haid pingsan. 😦

Dan tipe selanjutnya tipe D (D for Depression), biasanya kalau kita jadi cengeng tiba-tiba berarti tipe PMS kita tipe D. Menguntungkan banget nih buat yang shooting terus dapat adegan yang sedih-sedih. Ngga cuman itu tipe ini juga bisa menyebabkan perasaan lemah, gangguan tidur, pelupa, bingung, sampe suka susah mau ngomong apa. Bahayanya kalau ngga dilawan, ini tipe yang rawan buat yang lagi dapat terus galau, bisa bikin bunuh diri. Hiiiii serem yah!!!

Ya ampun, ternyata PMS banyak tipenya dan kalau kita ngga bisa ngelawan akibatnya juga serem-serem. Mmmmmh..buat cowok-cowok kalau pacarnya lagi PMS harap dimengerti karena beginilah yang sebenarnya kami para wanita mengalaminya. Bukan maksud untuk menakut-nakuti atau gimana, ya ini fakta yang dialami oleh perempuan tiap bulannya. Untuk mencegah itu bisa kok untuk mengaja pola hidup sehat. Jangan lupa olahraga, dan lawan rasa malas, karena pikiran itu bisa menipu. Semoga bisa bermanfaat artikel ini. Walaupun banyak ngeliat dari forum-forum tetangga, gue ketik pake bahasa gue, moga bisa dimengerti. Dan kita perempuan makin mengerti tentang tubuh kita, dan untuk laki-laki, bisa menjaga perasaan perempuan kalau lagi PMS.

Stay healthy gurls….

cioccolato

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s