Habits

Dari kemarin saya hanya melongo di depan layar menatap new post di wordpress ini, bingung apa yang ingin saya ketik. Lalu setelah pulang ke Samarinda, ternyata paketan buku saya tiba, dan langsung deh semangat ingin menulis eh mengetik tepatnya. Beberapa waktu lalu seorang kawan bilang, “Ji, lo musti baca bukunya Ustadz Felix,” yap udah dari lama juga penasaran sama karya-karya beliau, dan finally, beli juga. Karena seringnya memantau monitor dan melihat tweet-tweetnya, tapi rasanya aku juga mengalami ketika membuka halaman pertama. Merinding! Norak deh gue, tapi emang bener sih. Isi bukunya seru. Yang pertama aku baca itu adalah HABITS.Bukan sebuah buku motivasi, tetapi buku ini akan menuntun kita untuk menguasai keahlian yang kita miliki tanpa motivasi. Isinya berbeda dari kebanyakan buku lainnya, jujur saja, I am not typical person who love motivation book, such as how to be millionaires for dummy, how to get rich a week, how to forget your ex for bla bla bla… etc etc. Big No for me. Have no interest on that. But this book inspired me a lot. Tentu pernah dengar dong, practice makes perfect?? Yep. Similar like that. This book totally works to help you built a habits.

Semua tergantung kepada kita sendiri, tapi yang namanya menjadikan sesuatu menjadi kebiasaan sebenarnya otak kita bisa memprogramnya untuk itu. Subhanallah, begitu Maha Besar Allah, karena menciptakan manusia sesempurna itu. Dibekali akal dan pikiran, dan kembali lagi kepada kita untuk mengolah semuanya. Buku ini membahas bagaimana cara kita melatih kebiasaan, menciptakan pemikiran semua bisa kita lakukan jika sudah menjadi sebuah kebiasaan. Didukung dengan ilustrasi-ilustrasi menarik dikemas dengan bahasa yang lugas, dan cara penyampaiannya yang santai, membuat kita larut untuk menikmati isi bukunya.

Buku ini tak jauh dari isi kehidupan sehari-hari kita, kegiatan kita, dan sudah kita pelajari sejak dini. Bagaimana cara mengolahnya, baca aja buku ini. Hehe, anyway untuk mempelajari sesuatu mungkin tidak membutuhkan waktu lama, yang diperlukan adalah proses membuatnya menjadi kebiasaan, misalnya, membaca Al Quran, diperlukan pengenalan huruf hijaiyah, mengenal tanda baca, tajwid, untuk melancarkannya perlu pengulangan alias repitisi agar bacaan kita baik. Banyak sekali manfaat yang bisa dipetik dari buku ini. Insya Allah akan berguna untuk kita membiasakan diri.

Sepertinya saya juga harus membiasakan diri untuk mengetik tulisan di setiap post di wordpress lebih dari 500 kata, nah ini juga harus jadi kebiasaan, mulai membiasakan diri untuk membahas buku yang saya baca, tulisan yang saya baca, mulai belajar beropini, menuangkan apa yang saya pikirkan, melatih kembali semuanya. Duh, saya perlu semua itu, ya caranya mulai membiasakan diri tentunya. Hehehe. Kenapa saya menargetkan lebih dari 500 kata, soalnya ini gara-gara salah seorang sahabat saya, yang dulu pernah minta tolong dibikinkan essai, karena menulis mini essai itu harus 500 kata. Nah dari dia akhirnya terpacu memberikan target.

Saya akui, saya juga salut dengan keturunan Tionghoa, karena dari kecil juga mereka dilatih untuk membentuk kebiasaan, dan itu saya dapati dari orang terdekat saya dulu. Saya juga banyak belajar dari cici itu. Sama agaknya dengan penulis buku ini. Salute. Dan Insya Allah ustadz Felix akan jadi sumber inspirasi untuk kita semua juga. Baiklah, yuk mulai melatih diri untuk jadi kebiasaan. Bisa ngga bisanya ada ditangan kita. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat juga.

Advertisements

One thought on “Habits

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s